Monday, July 15, 2013

Panduan Cara Instalasi Windows 8 Di VirtualBox

Hariantekno.com - Panduan Cara Instalasi Windows 8 Di VirtualBox - Jika saat ini anda belum menggunakan OS Windows 8 untuk PC atau laptop anda, dan anda sangat ingin mencobanya, namun takut melakukan kesalahan fatal, sebaiknya sebaiknya anda mencoba menggunakan Windows 8 dengan bantuan VirtualBox. Aplikasi ini adalah sebuah penunjang komputer virtual.



Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menjalankan Windows 8 di VirtualBox :


Pertama download VirtualBox dan menginstalnya. Maka Anda akan mendapatkan sebuah izin beberapa Oracle pop-up dimana Anda harus melakukan klik Izinkan. Setelah selesai terinstal, maka akan ada peluncuran VirtualBox dan klik New. Maka Wizard Mesin Virtual Baru ini akan membuka, dan klik Next. Ketiklah nama Virtual Machine, Anda dapat menamakannya Windows 8, lalu pilih Microsoft Windows untuk sistem operasi, serta pilih Windows 7 sebagai versinya. Setelah selesai, anda dapat mengklik Next. Kami merekomendasikan untuk mengalokasikan setidaknya memiliki memori 1GB bila Anda melakukan instal Windows 8 32-bit, dan setidaknya memiliki 3GB memori bila Anda menginstal pada Windows 8 64-bit. Setelah selesai, lalu klik Next. VirtualBox ini telah menyediakan opsi yang baik untuk membuat hard disk baru ataupun dengan menggunakan hard disk yang sudah ada sebagai Disk Start-up. Secara default, ini sudah diatur untuk hard disk baru. Maka anda dapat membiarkannya seperti itu dan lalu klik next. Di dalam langkah ini, pastikan bahwa VDI dipilih. VDI ini merupakan singkatan Disk Image VirtualBox. Selanjutnya Klik Next. Di dalam langkah ini Anda dapat memilih ukuran tetap ataupun yang dinamis yang akan dialokasikan berdasarkan kebutuhan Anda, sehingga hal ini tidak akan memakan disk lebih untuk virtual yang dialokasikan oleh para pengguna. Secara default, VirtualBox ini akan mengalokasikan ruang disk 20GB sebagai sistem baru. Anda bisa menambah ataupun mengurangi jumlah ini. Setelah selesai, lalu klik Next. Langkah terakhir adalah Anda akan perlu memberikan ringkasan yang cepat dari pengaturan yang telah Anda pilih. Kemudian Klik Create untuk mulai membuat sebuah file disk virtual.

Ini akan memakan wakru 5 menit sampai 30 menit agar terciptakan ruang disk virtual, yaitu unit media untuk penyimpanan tetap. Perlu dicatat bahwa hal ini diperlukan waktu lebih dari 30 menit bila Anda telah mengalokasikan lebih dari 20GB pada ruang hard disk bagi sistem baru. Setelah proses ini selesai, di langkah yang terakhir adalah dengan mengklik Buat dan Anda akan dibawa ke interface utama di mana mesin virtual ini telah siap.


Selanjutnya anda dapat pergi ke Settings, lalu klik Sistem di bagian kiri, dan pastikan Enable IO APIC telah diperiksa di tab Motherboard. Anda bisa menghapus centang kemudian Aktifkan perangkat ini dan melakukan penunjuk secara mutlak sebab tidak akan digunakan kebanyakan pengguna. Setelah selesai maka anda dapat melakukan pindah ke tab Processor serta pastikan sudah mengaktifkan PAE / NX.


Akhirnya setelah pindah ke tab Percepatan serta pastikan kedua nya telah Aktif yaitu VT-x/AMD-V dan jangan lupa Aktifkan juga Pager Nested kemudian anda dapat memperiks dengan mencentang kotak yang ada di sampingnya. Anda perlu memeriksa semua pengaturan yang penting, jika tidak maka Windows 8 ini tidak akan menginstal di VirtualBox.


Selanjutnya anda perlu pergi ke Storage di sidebar kiri serta klik Empty yang ada di bawah Pengendali IDE. Lalu Klik ikon CD yang ada di samping CD / DVD Drive kotak kemudian klik Pilih file CD / DVD disk virtual . Sekarang anda dapat mengarahkan ke file Windows 8 ISO milik Anda yang sudah anda download.


Kemudian selesai, dan klik OK. Anda akan kembali pada interface utama. Kemudian klik Start untuk memulai instalasi Windows 8 dan ikutilah petunjuk yang ada pada layar. Setelah instalasi selesai, maka Anda bisa mulai menggunakan Windows 8.


Kode Smiley Untuk Komentar


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t

0 comments:

Post a Comment

Keywords: , , Panduan Cara Instalasi Windows 8 Di VirtualBox